Headlines News :
Home » » Morse

Morse

Written By Pramuka Semarang Barat on Jumat, 14 Agustus 2015 | 04.02

Sejarah Morse :
Samuel Morse
Samuel Finley Breese Morse (lahir di Charlestown, Massachusetts, Amerika Serikat, 27 April 1791 – meninggal di New York City, New York, Amerika Serikat, 2 April 1872 pada umur 80 tahun) adalah seorang penemu asal Amerika Serikat. Morse mendapat ilham untuk membuat telegrafi elektrik ketika melihat seorang penumpang di kapal yang ia tumpangi memperagakan elektromagnet. Morse memproduksi telegraf listrik pertama yang berguna pada tahun 1835. Pada tahun 1843 ia memperoleh 30.000 dolar Amerika dari Kongres untuk jalur eksperimen dari Washington, D.C. ke Baltimore dan pada tanggal 24 Mei 1844 ia mengirimkan pesan pertama melalui telegrafi Amerika, dari Washington ke Baltimore.
Kode Standart Morse
Bersama dengan asistennya Alexander Bain ia menciptakan alfabet khusus untuk digunakan di telegraf, yang merupakan suatu sistem representasi huruf, angka dan tanda baca dengan menggunakan sinyal kode yang disebut kode Morse. Kode inilah yang akhirnya dipergunakan sebagai kode standart Internasional oleh International Telecommunication Union (ITU). Selanjutnya kode morse disampaikan dng menggunakan: peluit, radio, asap, lampu, telegraf, dan arus listrik untuk membedakan titik dan strip digunakan perbandingan 1:3 (1 unt titik dan 3 unt strip).
Adanya perkembangan tehnologi komunikasi seperti sekarang ini, kode morse tidak lagi dipergunakan sebagai modul komunikasi resmi Angkatan Laut internasional dan pada tahun 1997 diganti dengan sistem GMDSS yang menggunakan satelit, namun sampai saat ini kode morse masih aktif digunakan dalam komunikasi jarak jauh antar kapal laut atau menara darat internasional.
Berikut adalah kode isyarat morse :




sumber: pramukanet.org
Share this article :

0 komentar:

katakan yang ada dibenakmu

tulis yang ingin kamu katakan... !

Wawancara Interaktif

Aktifitas Photo

LINK PRAMUKA

 
SATU PRAMUKA UNTUK SATU TUJUAN - KWARTIR RANTING SEMARANG BARAT
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pramuka Semarang Barat - All Rights Reserved